Budaya pacu jalur

Minggu, 16 Agustus 2009

OPINI SAYA TENTANG PACU JALUR


Siapa sih yang nggak kenal dengan pacu jalur. Pasti semua kita sudah mengenalnya bukan? Pacu jalur merupakan tradisi turun temurun yang menjadi ciri khas masyarakat Kuantan Singingi. Begitu banyak peminat pacu jalur yang berasal dari luar daerah Kuantan Singingi. Pacu jalur memang patut diacungi jempol. Kita harus bangga dengan budaya pacu jalur ini.

Ketika saya perhatikan, pengunjung sangat antusias untuk menyaksikan pacu jalur. Bahkan ada yang rela menonton pacu jalur di bawah sinar matahari yang terik. Masyarakat tak henti-hentinya memberikan semangat dan dukungan untuk jalur mereka agar bisa menang.

Perlombaan pacu jalur yang berlangsung selama empat hari ini, tidak pernah sepi oleh pengunjung. Banyak pengunjung yang berasal dari luar daerah Kuantan Singingi menyempatkan diri untuk menonton pacu jalur. Mereka begitu terpesona menyaksikakan jalur-jalur yang berpacu dengan semangat di sungai Kuantan. Saya sendiri pun sangat tertarik menonton perlombaan pacu jalur. Apalagi menyaksikan jalur-jalur dari Kuantan Mudik yang begitu gagah berani. Saya merasa bangga dengan jalur dari Kuantan Mudik karena akhirnya keluar menjadi juara.

Sebagai masyarakat Kuantan Singingi, saya mengajak kita semua untuk tetap melestarikan budaya pacu jalur ini. Inilah budaya daerah kita yang patut kita banggakan. Tidak semua daerah loh memiliki budaya seperti ini. Pacu jalur memang is the best.


0 komentar:

Posting Komentar

Nesvi Nolitha Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino